Cari

Mengenal VPN, Apa Itu VPN, Keunggulan Dan Kelemahannya

Pernah dengar istilah VPN? Atau sudah pakai VPN sekarang? Kalau masih bingung tentang apa itu VPN, coba baca artikel ini sampai selesai. Kepanjangan dari VPN adalah Virtual Private Network. Virtual = tidak nyata, Private = pribadi, Network = jaringan. Jaringan pribadi yang tidak nyata (hehehe).

Maksutnya adalah VPN merupakan suatu teknologi yang memungkinkan kita mengakses jaringan komputer yang satu dengan komputer lainnya secara pribadi melalui internet. Jaringan pribadi dalam jaringan internet. Dengan VPN ini, operator penyedia jasa internet tidak bisa memfilter internet kamu, karena seolah-olah kamu menggunakan terowongan untuk melewati filter tadi.
Gampangnya, bila pada jaringan publik, internet -> filter penyedia jasa internet (operator, wifi) -> client (yang mengakses internet), namun pada VPN urutanya Internet -> VPN Server -> VPN Client -> Client. Loh? Tidak melewati filter operator? Iya, soalnya jaringan terenkripsi lewat VPN server.
Untuk membuat jaringan VPN, yang dibutuhkan adalah komputer server penyedia jasa VPN tersebut.  Lalu apakah fungsi server ini?
Misalnya, client (kita) ingin mengakses google lewat VPN. Maka VPN client di gadget kita akan mengenkripsi data tersebut dan mengirimnya ke VPN Server. Setelah perintah didekripsi, VPN Server akan mengirim hasil permintaan kita tadi (dengan data terenkripsi) kembali ke kita (VPN client).Di VPN client, data akan didekripsi untuk disajikan ke client. Keamanan dengan konsep enkripsi tersebut menyebabkan jaringan VPN ini menawarkan keamanan yang cukup tinggi dan tidak dapat terdeteksi karena IP kita tidak diketahui (yang digunakan adalah IP Public milik VPN server). Dengan ada enkripsi dan dekripsi maka data yang lewat jaringan internet ini tidak dapat diakses oleh orang lain bahkan oleh client lain yang terhubung ke server VPN yang sama sekalipun. Karena kunci untuk membuka enkripsinya hanya diketahui oleh server VPN dan Client yang terhubung.
Enkripsi dan dekripsi menyebabkan data tidak dapat dimodifikasi dan dibaca sembarangan sehingga keamananya terjamin. Untuk menjebol data terenkripsi, orang yang ingin membajak data tersebut harus melalukan proses dekripsi, tentunya untuk mencari "rumus dekripsi" yang tepat dibutuhkan waktu yang sangat lama. Kecuali, si pembajak punya super computer untuk menjebol. Karena keamanan tinggi ini, VPN bisa disalahgunakan untuk mengirim data-data rahasia ilegal para penjahat cyber. Tapi tenang, orang dengan PC biasa(apalagi cuma smartphone) tidak akan bisa mengdekripsi data VPN. (Biasanya, badan intelejen punya super komputer semacam ini untuk membaca data-data rahasia tersebut, hacker)

Apakah konek lewat VPN lambat?
Itu tergantung dari server dan client VPN yang digunakan. Semakin banyak yang memakai, maka jaringan akan melambat.
Lalu apa keunggulan VPN?
1. Keamanan
Enkripsi dan dekripsi rumit VPN membuatnya memiliki keamanan tinggi. Tanpa ilmu atau peralatan canggih, tidak akan bisa membukanya.
2. Kerahasiaan data
Tidak akan terdeteksi oleh pihak-pihak luar. Karena itu tadi, data terenkripsi oleh server VPN. Tidak semudah membalik telapak tangam untuk medekripsinya.
3. Data yang dikirim telah diotentifikasi dan dijaga oleh VPN.
VPN Server dan client memiliki "tunnel" yang akan menjamin data yang kamu minta sesuai dengan yang kamu inginkan. Juga telah diperiksa oleh VPN sumbernya (99% bebas virus).
Kerugiannya apa? VPN server ibarat pedang bermata 2. Satu bisa membantu, satu sisi bisa menusuk kita sendiri.
VPN server adalah senjata utama dari program VPN. Bila VPN server sedang down (error, listrik mati, ataupun lainya) otomatis kita tidak bisa konek ke VPN. Apalagi, kalau VPN Server sudah di hack oleh para cracker kelas kakap. Ribuan data-data pengguna VPN akan bisa dilihat oleh pembajak tersebut.
Kelemalah lainnya, koneksi jaringan publik yang tidak bisa kita prediksi. Hal ini karena pada dasarnya kita hanya "nebeng" koneksi pada jaringan pihak lain sehingga otomatis kita tidak mempunyai kontrol terhadap jaringan tersebut.
Jadi, tertarik kah kamu menggunakan VPN?VPN bisa digunakam untuk membuka situs yang diblokir di android lo, baca caranya Disini

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Mengenal VPN, Apa Itu VPN, Keunggulan Dan Kelemahannya"